Monday, September 17, 2018

Liputan Budaya Tahun Baru Islam dalam Masyarakat

Assalamualaikum..
Hai guys! Bosen ya nanyain kabar terus heheh :v yaudah nanya yang lain. Gimana nih sahabat t-magz masih pada jomblo? Heheh pertahankan prestasi jomblo kalian ya. Jangan sedih kali ini T-magz akan temenin kalian dengan liputan-liputan yang teraktual,tajam,dan terpercaya :v
Oke tanpa basa basi lagi kita akan publish tentang Budaya masyarakat dalam merayakan Tahun baru Islam. Dari pada penasaran mari kita simak liputan berikut.



Kali ini kita Liputan di Desa Buntet,kec. Astanajapura ya guys! Di desa Buntet acara memeriahkan tahun baru Islam selama 3 hari loh. Ada apa aja sih yok kita tengak tengok.

1. Hari pertama itu Acara Tahlil Akbar yang  di lakukan oleh seluruh warga ditempat pemakaman desa Buntet.

  Dan malam nya adalah Arak arakan menyambut tahun baru Islam. Dengan pesta obor ,drumban  dan Iring iring. Dan di lanjut Ceramah.


 2. Hari kedua Acara yang di selenggarakan adalah lomba Hadroh dan lomba anak TK

 3.Hari terakhir yaitu Berbarik
    Do you know Bebarik?
    Bebarik adalah filosofi atau nilai luhur tentang kehidupan di masyarakat. Jadi emang udah jadi kebiasaan dalam masyarakat tersebut guys. Bebarik di desa Buntet ini sangat sederhana Semua warga atau masyarakat datang ke suatu tempat yang telat di tentukan kemudian dia bersama dan makan bersama. Makan gratis :v

Dan malamnya Di lanjutkan dengan acara pertunjukan seni Wayang.

Kenapa sih pilih pertujukan wayang karena pertunjukan wayang itu sudah di kenal sebagai salah satu media untuk mengajarkan agama Islam. Tau kah salah satu wali Sanga juga menggunakan wayang untuk menyebarkan agama Islam.
Yaitu sunan kalijaga (Raden said)





Nah itu dia Liputan dari kita ya sahabat setia t-magz. Kita sebagai generasi penerus harus melestarikan dan  Menjaga kebudayaan yang ada di sekitar Semoga liputan ini dapat bermanfaat. 
Dan jangan lupa kunjungi kami di
FP: t-magz
Ig: t-magz

Wassalamu'alaikum

2 comments:

Total Pageviews